Kamis, 04 November 2010

MENGENAL TOOLBAR PADA DHELPHI

Pada saat pertama kali dipanggil, akan muncul beberapa tools utama dalam Delphi IDE, yaitu Menu, ToolBar, Component Palette, Object Inspector, Object TreeView, Code Editor, Project Manager dan beberapa tools lain.

• Toolbar
Toolbar yang ada dalam Delphi berupa sekumpulan tombol untuk fungsi-fungsi yang sering digunakan. Toolbar tersebut dikelompokan dalam beberapa kelompok, yaitu Standard Toolbar, View Toolbar, Desktop Toolbar, Debug Toolbar, Component Palette, Internet Toolbar dan Custom. Untuk Menampilkan Toolbar, dari menu View | Toolbars dan pilih Toolbar apa yang akan ditampilkan.

• Object TreeView
Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis antara komponen visual dan non visual yang terletak pada form. Semua objek yang anda pakai pada form, data module maupun frame akan muncul pada Object TreeView

• Component Palette
Component Palette merupakan bagian yang digunakan untuk meletakkan berbagai komponen yang sesuai dengan kategorinya. Misalnya component yang digunakan untuk aplikasi yang menggunakan Borland Database Engine (BDE) akan diletakkan pada page BDE. Jumlah Component Palette pada Delphi 6.0 dalah 29 buah. Susunan atau urutan dari Bomponent Palette dapat anda atur dengan mudah dari menu Component | Configure Palette.

• Object Inspector
Object Inspector digunakan untuk mengubah nilai property dari objek terseleksi yang ada dalam Form Designer. Object Inspector terdiri dari dua bagian, yaitu Properties dan Events. Setiap jenis komponen akan memiliki property dan event yang berbeda dengan jenis komponen lainnya.

• Code Editor
Pada bagian inilah anda dapat menuliskan semua kode dan memasukkan semua unit yang dipakai untuk program yang anda buat. Pada bagian bawah Code Editor terdapat status bar yang terdiri dari tiga bagian. Bagian paling kiri berisi keterangan posisi kursor (yang dinyatakan dalam baris dan kolom). Kolom kedua berisi keterangan tentang status kode anda, apakah sudah mengalami perubahan atau belum. Kolom paling kanan menandakan status tombol insert padakeyboard.

• Form Designer
Form Designer adalah form tempat kita mengatur komponen sesuai dengan kebutuhan tampilan yang akan dibuat. Cara meletakkan komponen kedalam form ada beberapa cara, yaitu :
1. Click komponen pada component palette, kemudian click atau drag pada Form.
2. Double Click komponen pada component palette, maka komponen tersebut akan terletak pada tengan form.
3. Shift Click pada component palette, kemudian click pada form beberapa kali untuk meletakkan beberapa komponen. Untuk menormalkan kembali status click, tekan tombol panah pada bagian kiri component palette.

Untuk lebih lengkapnya klik di sini   RAJIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar